perawatan ikan cupang

Perawatan Ikan Cupang

cara merawat ikan cupang itu mudah. akan saya terangkan secara detail mulai dari telur.

Merawat telur ikan cupang:
perawatan telur ikan cupang sangat mudah, yaitu: kita cukup membiarkan saja indukan jantan merawat telurnya sendiri hingga menetas sampai usia anak ikan 1 minggu atau anak ikan itu mampu berenang lurus.

Merawat anak ikan cupang usia 1 minggu hingga 2bulan:
perawatan yang perlu kita lakukan untuk ikan usia 1minggu ini adalah pemberian pakan ikan ini bisa berupa kuning telur ayam kampung atau kuning telur bebek, bisa juga kutu air atau pelet yg telah d haluskan.
saya biasanya pakai kutu air yang di saring dulu pakai sarinagan teh yang di serut pakai sendok makan. jadi kutu air yang selesai di saring itu mati atau luka. pemberian pakan seperti ini saya biasanya hingga usia ikan 1 bulan. setelah itu pemberian pakan berupa kutu air fress yg masih hidup sehat. selebihnya cuma penggantian air aquarium jika mulai terlihat kotor.

Merawat anakan ikan cupang usia 2 bulan hingga dewasa:
Perawatan ikan cupang usia 2 bulan ini adalah saat dimana anakan ikan cupang mulai di pisahkan satu-satu pada tempat-tempat yang telah di sediakan (botol aqua, toples, dll) juga saat pemilihan ikan yang memiliki kualitas bagus, warna bagus atau yang unik. Perawatan ikan usia segini di rawat satu satu pada tempatnya, pada usia ini pula kita bisa mulai melatih ikan sesuai tujuan kita (semisal : perawatan khusus buat calon ikan cupang kontes, pemberian pelatihan nafas ikan pada cupang aduan, dll) selebihnya cuma pemberian pakan berupa kutu air sehari sekali dan penggantian air bilah air mulai tampak kotor.

Tips menjaga kesehatan ikan cupang kita:
air yg di gunakan usahakan kita endapkan 1 malam dan kita tetesi pakai cairan biru pembunuh kuman dan jamur. baru keesokan harinya kita gunakan untuk mengganti air ikan yang tanpak keruh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar